Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai

Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai - Hallo sahabat Blog Travel Dunia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel chiang mai, Artikel destinasi, Artikel festival, Artikel thailand, Artikel travel info, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai
link : Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai

Baca juga


Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai


Sebentar lagi masyarakat di seluruh penjuru Thailand akan merayakan festival Loy Krathong . ( Baca di sini)  Selain perayaan  di air, Loy Krathong di Chiang Mai, ibukota kuno dari bekas kerajaan Lanna menjadi lebih istimewa dan lengkap karena  adanya festival Yi Peng . Yi berarti "dua" dan peng berarti "penuh hari bulan". Yi Peng mengacu pada hari bulan purnama di bulan kedua menurut kalender lunar Lanna (bulan kedua belas menurut kalender lunar Thailand).  Meskipun tanggal tepatnya berubah tiap tahun, tetapi  biasanya diadakan pada pertengahan bulan sampai akhir November, 3 hari sebelum atau setelah Loy Krathong. 

Festival Yi Peng adalah suatu tradisi mengapungkan Khom Loy/  lentera ke langit di malam hari, Melihat banyaknya lentera yang diluncurkan bersamaan ke udara menjadi ribuan titik cahaya merupakan pemandangan yang sangat spektakuler. Salah satu festival terindah di dunia !

Tradisi meluncurkan lentera ini selain sebagai penghormatan kepada dewa juga diharapkan untuk membuang nasib buruk dan kemalangan pergi ke udara, apalagi  terutama jika lentera dapat menghilang dari pandangan sebelum api di dalamnya padam.

Sama seperti melepaskan krathong di air, Anda akan memegang lentera bersama keluarga atau teman terdekat dan kemudian melepaskannya ke udara bersama-sama. Sering kali orang juga akan mengucapkan doa singkat sebelum meluncurkan lentera. Bagi pasangan kekasih. momen ini juga dianggap sama romantisnya dengan hari Valentine, karena pada saat ini bulan purnama bersinar indah dan kemudian melihat ribuan cahaya berpendar di udara merupakan kenangan romantis yang sangat indah dan berkesan.

Kadang-kadang ada  juga akan menuliskan alamat mereka di lentera, sehingga siapapun yang nanti akan menemukan lentera tersebut  dapat mengklaim uang dari si pemilik lentera . Saling berbagi nasib baik . 

Khom Loy, atau dikenal sebagai Khom Fai secara harfiah berarti "lentera mengambang". Khom Loy adalah silinder kertas dengan tinggi sekitar satu meter, ditopang dengan bingkai bambu atau kawat, dan di bagian bawah silinder adalah nampan wadah kecil yang berisi kapas yang telah direndam dalam minyak tanah. Ketika dinyalakan dibutuhkan sekitar satu menit agar udara panas yang dihasilkan akan terperangkap di dalam lentera dan menciptakan cukup untuk mengangkat lentera ke udara Loi Khom melayang ke langit. Seringkali ada juga yang menempatkan Kembang api dan petasan yang akan ikut terbakar sehingga nanti akan meledak setelah lentera diluncurkan.

Sekarang baik Loy Krathong dan Yi Peng akan dirayakan pada saat yang hampir bersamaan sehingga penjuru kota Chiang Mai akan menjadi semakin cantik karena warga banyak yang menghias rumah mereka dengan bermacam  lentera , seperti  Khom thue yang merupakan lentera yang dibawa berkeliling dan tergantung dari tongkat, Khom khwaen adalah lentera gantung, dan Khom pariwat yang ditempatkan di kuil dan yang berputar karena panas dari lilin di dalam.Juga berbagai hiasan lain yang membuat kota menjadi semakin semarak

Yang paling spektakuler dan terkenal adalah Yee Peng yang berlangsung di belakang Mae Jo University, Chiang Mai . Karena  tidak  di organisasi secara resmi oleh pemerintah, event istimewa ini banyak menerima kritikan karena dianggap sebagai salah satu bentuk komersialisasi karena turis yang ingin mengikutinya harus membayar mulai dari $100 ! Serta tidak ada kepastian tanggal dari jauh-jauh hari sehingga sering membingungkan turis yang akan mengikutinya.
Tetapi tanpa harus membayar semahal itu, acara Yee Peng bisa dinikmati dari seluruh penjuru Chiang Mai karena banyak kegiatan yang akan berlangsung juga seiring dengan perayaan Loy Krathong, seperti ada Yee Peng Kids Contest, Boat Race,Hot Air Balloon Contest, Mister and Miss Yee Peng Contest.

Bagi anda yang tidak berada di Chiang Mai saat minggu Loy Krathong, biasanya ada yang menjual lentera-lentera ini di area pariwisata pantai seperti Pattaya, Phuket atau Koh Samui. Di Bangkok sendiri pada tahun 2014, ada larangan meluncurkan lentera karena takut akan menyebabkan kebakaran di tempat-tempat penting dan membahayakan pesawat udara.

Jadi jika anda ingin merasakan salah satu festival paling indah di dunia, masih ada waktu untuk berburu tiket ke Thailand !

Ingin melihat keindahan Yee Peng ? Lihat video ini :


Demikianlah Artikel Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai

Sekianlah artikel Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2015/11/yee-peng-lantern-festival-chiang-mai.html

0 Response to "Yee Peng / Lantern Festival Chiang Mai"

Post a Comment