Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan - Hallo sahabat Sharing Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Balikpapan, Artikel Guest Post, Artikel Indonesia, Artikel Kalimantan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan
link : Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan

Baca juga


Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan

Selamat hari Sabtu ! :-) 

Kembali Guest Post hadir di Jalan2Liburan di hari Sabtu ini. Kali ini saya memilih tulisan kawan saya, Messa, pemilik blog h0tchocolate.wordpress.com yang saya todong untuk menceritakan mengenai Balikpapan yang adalah kota dimana dirinya sekarang bermukim. 

Paling seru memang mengikuti advice orang lokal mengenai mesti ngapain aja di kota itu, sampai kuliner favoritnya karena pastinya pilihannya tidak akan mengecewakan. 

Ikuti perjalanan Messa di blog nya, mulai dari cerita perjalanannya ke Vietnam, New Zealand, sampai Dubai, I love the way she s writing her sentences, you gotta check her out ! 

Happy Weekend - Happy Traveling 

* * *

Masih banyak teman maupun kerabat yang menyangka kalau Balikpapan itu dikelilingi hutan belantara, dan saya tinggal di tempat terpencil yang jauh dari peradaban. Well, itu mungkin keadaan Balikpapan puluhan tahun silam. Kalau sekarang? Hutannya sudah berganti menjadi hotel, ruko, mall, rumah sakit, perumahan, dlsb. 
Lantas ada apa aja sih di Balikpapan yang mesti didatangi? Berhubung kota yang terkenal dengan julukan Kota Minyak ini terletak di pinggir laut, maka yang dilihat sudah pasti nggak jauh-jauh dari laut.
Untuk kamu penggemar pantai dan pemburu sunset, jangan lewatkan pemandangan matahari tenggelam di Pantai Melawai lengkap dengan kuliner sorenya. 





Ingin belanja di pasar tradisional sekaligus menyaksikan laut? Mampirlah ke Pasar Klandasan. Kalau kamu beruntung (baca: langit sedang cantik-cantiknya berwarna biru), kamu bisa menyaksikan kapal pengangkut batu bara melintasi Selat Makassar.



Selain itu, bagi kamu pencinta fotografi, banyak objek dan aktivitas menarik yang bisa diabadikan di pasar tradisional yang berdiri tahun 70-an ini. 





Lelah berjalan mengelilingi pasar, perut pasti keroncongan, dong? 
Mari cicipi Coto Makassar H. Kasim yang hanya beberapa langkah dari Pasar Klandasan. Pilihannya ada daging atau campur (bersama jeroan), yang disantap bersama ketupat. 

Seporsinya dibanderol Rp 18.000 saja. 




Bicara mengenai makanan, orang bilang, makanan khas Balikpapan adalah bingka atau kue lumpur yang rasanya mirip seperti bika ambon (makanan khas Medan) serta nasi kuning. Makanan laut juga terkenal enak di sini. 

Berikut ini beberapa tempat makan yang wajib didatangi kalau kamu sedang berkunjung ke Balikpapan:

1. Ocean Fish Connection, di Jalan Sudirman Ruko Bandar Klandasan. 
Menu rekomendasi: kepiting soka telur asin dan nasi goreng nanas.

2. Teluk Bayur, di Jalan Ahmad Yani. 
Menu rekomendasi: ikan masak woku. 

3. Kepiting Kenari, di Jalan Marsma Iswahyudi. 
Menu rekomendasi: ya kepiting dong. Kalau mau beli untuk oleh-oleh, sebaiknya dipesan dua hari sebelumnya. Banyak penggemarnya soale.

4. Depot Miki, di Jalan Sudirman seberang Plaza Balikpapan. 
Menu rekomendasi: nasi kuning plus daging dan lontong sayur.

Bagi para pencinta buku, ingin merasakan sensasi baca buku di taman indah sambil sesekali digigit nyamuk genit? :D Mampirlah ke Secret Garden




Bukan, taman rahasia ini bukan tempat berkumpulnya para agen rahasia. :D Hanya saja, taman yang terletak di gedung Perpustakaan Daerah Balikpapan Jalan Kapten Piere Tendean ini, memang tidak kelihatan dari depan. Makanya saya sebut Secret Garden. :D



Nah, kalau kamu kebetulan berlibur dengan anak, di hari Minggu pula, mampirlah ke Lapangan Merdeka yang terletak bersebelahan dengan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman. Sambil berpiknik ria, anak-anak bisa sepedaan atau mancing. Tentunya mancing ikan-ikanan, bukan ikan beneran. :D 





Last but not least, jangan lupa beli oleh-oleh di Pasar Kebun Sayur dengan harga terjangkau. Dari mulai batu mulia hingga pajangan topeng khas Kalimantan ada di sini. 




Sambil berbelanja, tak ada salahnya mencicipi Es Teler Panaikang Makassar yang berada di pojok dekat parkiran depan sebelah kanan. Ah.. Maknyus!




Demikianlah Artikel Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan

Sekianlah artikel Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2015/11/hal-yang-perlu-kamu-ketahui-sebelum-ke.html

0 Response to "Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Balikpapan"

Post a Comment