Loy Krathong : Festival Indah Thailand

Loy Krathong : Festival Indah Thailand - Hallo sahabat Blog Travel Dunia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Loy Krathong : Festival Indah Thailand, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel aktivitas, Artikel bangkok, Artikel chiang mai, Artikel destinasi, Artikel festival, Artikel phuket, Artikel thailand, Artikel travel info, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Loy Krathong : Festival Indah Thailand
link : Loy Krathong : Festival Indah Thailand

Baca juga


Loy Krathong : Festival Indah Thailand

Salah satu festival yang paling indah di Thailand adalah malam Loy Krathong,  dimana menjelang malam hari orang-orang berkumpul di sekitar danau, laut, sungai dan kanal untuk memberikan penghormatan kepada dewi air dengan melarung ( melepaskan, mengapungkan)  hiasan rakit seperi teratai berbentuk indah, dihiasi dengan lilin, dupa dan bunga ke air. Melihat  nyala dari ribuan  lilin tersebut berbinar di atas air, mengirimkan seribu titik-titik cahaya adalah suatu pemandangan menakjubkan.

Loy Krathong adalah salah satu liburan dan festival   yang paling penting Thailand . Biasanya dirayakan bersama keluarga atau orang terkasih.  Orang-orang biasanya “make a wish” pada saat saat akan mengapungkan krathong ke air. 

Beberapa orang percaya bahwa jika lilin tetap menyala sampai Krathong menghilang dari pandangan maka keinginan mereka akan terwujud atau berarti tahun keberuntungan  bagi anda. Bagi  pasangan melepaskan satu Krathong masing-masing,berharap mereka akan hanyut bersama-sama, yang merupakan tanda cinta abadi.

Selain krathong membawa doa dan keinginan seseorang , Beberapa juga percaya bahwa ini adalah waktu untuk secara simbolis ' menghanyutkan ' semua kemarahan, melepaskan dendam dan perasaan negatif yang telah Anda pendam . Sehingga merupakan sebuah awal yang baik untuk musim baru yang akan datang.

"Loy" berarti "mengambang", dan "krathong" adalah seperti perahu kecil,  wadah atau container  yang terbuat dari batang pohon pisang yang dibuat menjadi bentuk lotus dan kemudian dihiasi dengan daun pisang yang dilipat dan bunga dalam desain yang indah dan cukup rumit. 

Krathong mengandung bunga, lilin dan dupa tiga batang yang menyala sebelum ditempatkan di atas air, Ada juga ada yang menempatkan uang, pinang , sedikit rambut dan secuil potongan kuku. Lilin dan dupa digunakan untuk mengusir roh jahat . Koin melambangkan kemakmuran dan untuk menyenangkan dewa-dewa air. Pinang sebagai makanan persembahan kepada para dewa. Seikat rambut dan secuil kuku bermakna untuk  mengusir nasib buruk dan penyakit .

Menjelang festival ini , banyak toko atau kios yang menjual  Krathong  siap pakai, atau  Anda dapat membuat dan menghiasnya sendiri sesuai kreativitas anda.  Seringkali anak sekolah akan membuat krathongs mereka dan bahkan akan ada kontes Krathong paling indah dan artistik di sekolah .

Baru-baru ini, Thailand menjadi lebih kreatif dan desain krathong   bisa terbuat dari Styrofoam, batok kelapa, bunga, roti, irisan kentang, bahkan beberapa melanggar bentuk daun teratai konvensional dan berbentuk kura-kura dan makhluk laut lainnya. Tetapi jika kita akan membelinya, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan alami agar nanti mudah terurai dan tidak akan mencemari lingkungan.

Karena ditentukan oleh kalender lunar Thai, sehingga tanggal perayaan ini akan berbeda setiap tahunnya.  Biasanya pada akhir musim hujan ketika bulan purnama menyala di langit , yaitu pada bulan November .

Sejarah di balik festival ini cukup kompleks , dimana penduduk Thailand merayakannya untuk berbagai alasan . Musim panen raya telah berakhir dan saatnya untuk mengucapkan terima kasih kepada Air Dewi air (Pra Mae Khongkha) untuk satu tahun dengan pasokan yang berlimpah, serta permintaan maaf karena telah membuat polusi atau mencemari perairan . 

Tradisi Loy Krathong lainnya termasuk pelepasan belut dan kura-kura di sungai atau kolam, juga ada serangkaian kegiatan budaya, seperti pertunjukan tari 'Ram Wong', kontes Ratu kecantikan, pesta kembang api . Dan merupakan momen yang mengesankan untuk mengapungkan krathong serta mengucapkan harapan bersama dengan keluarga dekat.

Selain perayaan yang mengandung unsur air, Loy Krathong di Chiang Mai terkenal karena ada festival Yee Peng, yaitu mengapungkan ribuan lentera kertas besar bersamaan ke langit. Seperti krathong, Anda akan memegang lentera bersama keluarga atau orang terdekat dan kemudian melepaskannya ke udara bersama-sama.

Baca tentang Yee Peng di sini

Melihat ribuan titik-titik cahaya diluncurkan ke udara sekaligus merupakan suatu moment yang sangat spektakular.  Tetapi sekarang juga banyak dilakukan di daerah pantai seperti Phuket, Koh Samui, dll.

Jika Anda akan berpegian ke Bangkok dan ingin merayakan   Loy Krathong , peryaan terbesar akan diadakan di sekitar Sungai Chao Phraya. Hotel-hotel mewah yang  terletak di sepanjang sungai seperti The Royal City Hotel, Shangri-la Bangkok dan Mandarin Oriental Bangkok, menyediakan akses eksklusif ke sungai agar  Anda dapat melepaskan krathong Anda.

Beberapa hotel di Bangkok juga menyediakan area di  kolam renang mereka . Jika anda mempunyai budget, booking reservasi untuk makan malam romantis di kapal pesiar sambil mengarung sungai Chao Phraya .  Atau jika ingin lebih hemat, pergi ke area Santichaiprakan Park dekat Khao San Road.

Untuk lokasi lain yang paling terkenal adalah di  Asiatique.  Daerah boardwalk besar di depan Asiatique akan menjadi pusat  acara utama, termasuk menceritakan kembali kisah Loy Krathong melalui musik dan tari, dan pesta kembang api. Sungguh suatu malam yang sangat mengesankan. Tapi berhati-hatilah karena lalu lintas di daerah akan sangat macet dan akan ada antrian panjang untuk menaiki perahu dari dermaga Sathorn – BTS Saphan Taksin.

Untuk info terakhir, tahun ini Loy Krathong akan diadakan pada tanggal 24-25-26 November. Be there and not to miss it !
(disadur dari beberapa sumber)


Demikianlah Artikel Loy Krathong : Festival Indah Thailand

Sekianlah artikel Loy Krathong : Festival Indah Thailand kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Loy Krathong : Festival Indah Thailand dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2015/11/loy-krathong-festival-indah-thailand.html

0 Response to "Loy Krathong : Festival Indah Thailand"

Post a Comment