Tips Tas Kabin 7kg

Tips Tas Kabin 7kg - Hallo sahabat Sharing Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Tas Kabin 7kg, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel airport, Artikel packing, Artikel Travel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Tas Kabin 7kg
link : Tips Tas Kabin 7kg

Baca juga


Tips Tas Kabin 7kg

Sudah bukan rahasia umum jika ingin membeli tiket pesawat dengan harga murah, kita jangan membawa barang atau koper yang nantinya akan membuat kita membayar biaya bagasi tambahan yang umumnya seharga Rp.150.000 - Rp. 200.000 tergantung kota tujuannya.

Maskapai penerbangan berbudget rendah seperti untuk ke luar negeri seperti Air Asia, menggratiskan barang bawaan penumpang berupa 1 buah tas, seberat maksimal 7 kg* yang diizinkan masuk ke dalam kabin pesawat. Sehingga jika kita ingin menghemat biaya perjalanan, kita harus tunduk pada berbagai peraturan yang diterapkan, atau siap-siap merogoh kocek lebih dalam untuk menambah biaya bagasi.

* Maskapai Air Asia menerapkan peraturan seperti ini : "You are allowed ONE piece of baggage onboard only."
(*Laptop bag is considered as ONE piece of baggage. Either the laptop is packed to the cabin baggage and meets our weight restriction or it is the only bag carried on board.) Baggage should also fit under the seat in front of you or in the overhead compartment in the cabin. The approved cabin baggage must be tagged with a cabin bag tag.". 
Sebenarnya, banyak keuntungan yang didapat jika bawaan anda traveling dengan hanya membawa tas / koper / ransel cabin size  saja, yaitu : 
1. Tidak perlu membayar biaya bagasi ( silahkan cek harganya dari website maskapai ybs. )

2. Jika Anda sudah check-in secara online, anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengantri check in bagasi anda 

3. Tidak perlu lama menunggu koper/tas anda muncul di conveyor belt, turun pesawat anda bisa langsung pergi secepatnya 

4. Tidak ada resiko tas/koper hilang, dicuri, rusak atau malah salah datang ke kota tujuan ! 

ada timbangan dan pengukur besar koper/tas
Banyak penumpang yang tidak perduli pada peraturan "7kg" ini, dan bermaksud untuk masuk ke dalam pesawat melebihi berat bawaan yang diperbolehkan,ada kalanya hal ini bisa terjadi, tetapi seringkali anda akan langsung ditahan oleh petugas di depan pintu ruangan boarding dan barang bawaan anda harus masuk ke dalam ukuran / timbangan yang sudah disediakan.

Jika bawaan anda melebihi ketentuan, anda harus membayar biaya kelebihan tersebut , yang tentu saja harganya cukup mahal dibanding dengan anda membelinya terlebih dahulu. (Silahkan mengecek policy tiap-tiap airlines, berapa biaya per kilogramnya di negara tujuan anda)

Memang untuk sebagian orang, membawa bawaan untuk bepergian dan hanya "dijatah" 7 kg saja terkadang merupakan pekerjaan yang membingungkan, apa yang harus dibawa, apa yang tidak bisa dibawa, dan lain sebagainya. Yang pasti, "you have to pack as smart and light as possible" dengan membawa barang yang paling dibutuhkan, dan ringan. 

Jadi barang apa yang paling dibutuhkan ? 
1. Pakaian ( sesuaikan dengan lama perjalanan dan kebutuhan ) : 
Bawa 2-3 potong kaos berbahan tipis ( 1kg sekitar 4 pcs) 
Jika diperlukan, celana panjang & jaket bisa langsung dipakai di hari keberangkatan ( apalagi kondisi pesawat biasanya cukup dingin ) 
Bisa mencoba memakai pakaian dalam sekali pakai, praktis dan tinggal buang 
Handuk kecil ( biasanya hotel menyediakan handuk ) 
dll 

banyak item bikin berat
2. Toiletries dan Obat 
Airport saat ini menerapkan peraturan bahwa setiap cairan atau gel (parfum, sampo, sun block, dll) harus berukuran tidak lebih dari 100ml per botolnya, per itemnya dan harus dikemas dalam kantong yang transparan. Wanita biasanya mempunyai beragam perlengkapan mandi dan kosmetik yang jenisnya beragam, jadi terkadang barang yang harus dibawa jumlahnya bisa mencapai belasan item. Jika 1 botol sabun cair berukuran 250ml, hitung ada berapa "kilogram" keseluruhan benda yang akan dibawa. Cukup berat bukan ?

dijual di supermarket
Jadi sebelum pergi, lakukan dahulu beberapa cara praktis dibawah ini untuk "meminimalisasi" ukuran benda-benda tersebut : 
Membeli perlengkapan mandi dalam ukuran miniatur, atau sachet 
Memindahkan isi cairan seperti sabun cair ke dalam botol kecil, Anda dapat membeli "traveling kit" di toko, atau memakai bekas "botol" gratisan dari hotel, atau bekas obat batuk, misalnya. 

recycle botol2 kecil
Begitu juga dengan salep / sunblock, bisa dipindahkan ke wadah tertentu yang ukurannya kecil .

Lebih praktis lagi bisa membeli perlengkapan mandi tersebut di tempat tujuan . Untuk negara seperti Thailand, banyak sekali toiletries yang disediakan dengan ukuran mini yang praktis & murah 

kotak sitaan
Dan petugas airport tidak pandang bulu atas barang yang akan mereka buang, baik itu minyak wangi mahal yang masih penuh, cairan soft lens, atau sun block. Lewat dari 100ml, siap-siap masuk tong sampah !

3 . Barang lainnya yang dibutuhkan seperti kabel / charger untuk gadget, simpan dalam 1 kantung khusus, agar mudah untuk mencarinya nanti.

Patuhi pula peraturan benda yang tidak boleh masuk cabin seperti berbagai macam benda tajam / senjata berapi, mudah terbakar, it's a BIG NO NO ! 

Jadi, sebelum anda sampai ke airport, pastikan dahulu apakah berat bawaan anda tidak melebihi 7 kg.  
Jika ada kelebihan berat, putar otak untuk mengakalinya, seperti memakai baju dobel, mengantongi beberapa benda yang "berat" atau sedikit merayu petugas check in ! :)

Good Luck and have a safe flight !

* kecuali makanan/minuman bayi,obat-obatan. 


Demikianlah Artikel Tips Tas Kabin 7kg

Sekianlah artikel Tips Tas Kabin 7kg kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Tas Kabin 7kg dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2012/11/tips-tas-kabin-7kg.html

0 Response to "Tips Tas Kabin 7kg"

Post a Comment