Legenda Patung Manneken Pis

Legenda Patung Manneken Pis - Hallo sahabat Sharing Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Legenda Patung Manneken Pis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel #CeritaJalanAsik, Artikel Belgium, Artikel Brussels, Artikel Cerita Jalan Asik, Artikel Europe, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Legenda Patung Manneken Pis
link : Legenda Patung Manneken Pis

Baca juga


Legenda Patung Manneken Pis

Legenda Patung Manneken Pis ⎟via


' Apa, cuman patung sekecil gini? '
' Alamak, jauh-jauh nyampai Brussels, patung Manneken Pis nya segini doang? '

Ayo ada gak yang pernah komen seperti ini saat kunjungan ke Brussels? Kadang kita sering lupa, it s all about the journey and not about the destination. Perjalanan yang menibakan Anda ke Brussels lah  yang mestinya dijadikan penghargaan untuk diri sendiri dan bukan ikon suatu kota, wong menara Eiffel yang menawan saja masih ada saja yang tidak puas. 

Manneken Pis ( little man pee ) terletak di antara perempatan Rue de Chene dan Rue de l'Etuve, tidak jauh dari alun-alun kota Brussels, dibuat oleh pematung Duquesnoy dan sudah ada disana sejak 397 tahun yang lalu lho, patung yang terbuat dari perunggu ini menggambarkan anak kecil laki yang sedang pipis, maka dari itu diberi nama Manneken Pis dan mereka yang berbahasa Prancis menyebut patung ini dengan sebutan Le Petit Julie.

Patung yang 'hah cuman segini, so like they said' ini sebelumnya dibuat dari batu dan diletakkan pertama kali sejak tahun 1388 namun karena hilang dicuri akhirnya diganti dengan yang terbuat dari perunggu seberat 17 kg yang sampai sekarang bisa dilihat di Brussels.

Seperti halnya dengan cerita rakyat yang banyak diceritakan dari mulut ke mulut di Indonesia, di Eropa juga banyak sekali legenda nya, termasuk legenda dari Manneken Pis ini. Jika dilihat dari tahun dibuatnya patung ini pertama kali, legenda nya sendiri secara logis bisa dibilang telah berusia lebih dari 628 tahun. Gimana? Masih mau bilang ' hah, segini aja? '

Manneken Pis yang dipakaikan outfit tententu mengikuti euphoria ⎟ via

Banyak legenda yang beredar menceritakan bagaimana Manneken Pis ini sepopuler sekarang, yang pertama adalah kisah mengenai anak kecil lelaki bangsawan yang hilang di tengah kota, sang ibu yang panik meminta walikota setempat untuk mengerahkan seluruh rakyat untuk mencari anak ini, sampai kemudian anak laki tersebut ditemukan sedang pipis di ujung jalan dimana Manneken Pis itu sekarang berada. 
Cerita dari versi pertama berkembang dari benang merah yang sama, cerita berubah menjadi seorang turis kehilangan anak laki mereka saat berada di Brussels, lalu berkat pertolongan rakyat setempat anak tersebut kembali diketemukan, sebagai ucapan terima kasih si ayah memberikan patung Manneken Pis.

Versi kedua yang juga tidak kalah populer adalah konon pada abad 14, Brussel dikepung oleh kekuatan asing, entah kekuatan apa namanya juga legenda.
Musuh berupaya menghancurkan Brussels dengan peledak, namun ada seorang anak kecil bernama Julien yang sedang memata-matai musuh Brussels ini melihat peledak itu, lalu ia pun mengencingi sumbu bom sehingga Brussels selamat dari ledakkan bom.

Lagi-lagi versi kedua ini berkembang menjadi legenda yang lebih panjang lagi detilnya, yaitu pada tahun 1142 ada terjadi peperangan antar kerajaan yaitu Kerajaan Leuven dan Grimbergen.
Pasukan di bawa pimpinan Duke Godfrey III dari Leuven melawan pasukan Raja Berthouts dari Grimbergen.
Pasukan dari Leuven membawa seorang anak kecil di dalam keranjang lalu menggantungkannya di sebuah pohon untuk menyemangati mereka yang sedang bertempur, akhir cerita anak kecil tersebut mengencingi Pasukan Berthouts hingga akhirnya mereka kalah.

Namanya juga legenda kadang ceritanya cocok hanya sebatas dibuat tertawa karena tidak masuk akal, tapi untuk rakyat lokal legenda adalah suatu kenangan yang mendalam akan budaya, identitas dan tradisi yang pernah atau masih mereka anut.

                                                                                
Karena Manneken Pis menjadi salah satu spot yang didatangi wisatawan, maka Manneken Pis sering menggunakan kostum mengikuti euphoria atau festival yang sedang berlangsung, ya semacam daya tarik tambahan,  seperti pada 17 Agustus 2009 yang lalu, Manneken Pis dipakaikan pakaian adat Lampung oleh KBRI Brussels, bisa dibilang ini salah satu momentum bersejarah bagi KBRI karena baru pertama kali hal ini terjadi. 
Selain itu Mannekin Pis kadang dipakaikan pakaian Santa Claus jika Natal akan tiba dan event-event seru lainnya. 

Manneken Pis tidak hanya milik Brussels semata, beberapa kota di dunia juga mereproduksi patung kecil ini, salah satunya adalah di Jepang, berlokasi di stasiun kereta Hamamatsucho, Tokyo, tepatnya di antara platform 3 dan 4.
Selain di Jepang, reproduksi patung Manneken Pis terlihat juga di Pulau Fyn di Denmark dan Colmar Prancis.

Manneken Pis dengan pakaian tradisional dari Lampung menyambut 17 Agustusan ⎟ via

Bagaimana dengan kamu? Punya kisah legenda mengenai suatu ikon destinasi tertentu? Share dong di kolom komen. 

Sementara itu, ikuti juga kisah legenda mengenai Patung Mermaid di Warsaw Polandia yang ditulis oleh Aggy Dream Explore Wander , baca disini ya! 

Dan Legenda Puteri Hijau di Medan yang ditulis Noni Nyonya Sepatu, baca disini cerita nya yang pastinya gak kalah menarik.

 * * *

#CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by Jalan2Liburan, Nyonya Sepatu and Dream Explore Wander.
Check our posts every Wednesday!
This week's theme: Legends and Myths



Demikianlah Artikel Legenda Patung Manneken Pis

Sekianlah artikel Legenda Patung Manneken Pis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Legenda Patung Manneken Pis dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2017/08/legenda-patung-manneken-pis.html

0 Response to "Legenda Patung Manneken Pis"

Post a Comment