Pesona Negeri Morella di Maluku

Pesona Negeri Morella di Maluku - Hallo sahabat Sharing Books Library, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pesona Negeri Morella di Maluku , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ambon, Artikel Asia, Artikel Indonesia, Artikel Maluku, Artikel OurWeddingAnniversary, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pesona Negeri Morella di Maluku
link : Pesona Negeri Morella di Maluku

Baca juga


Pesona Negeri Morella di Maluku

Kebakaran hutan di Seram di akhir bulan November kemarin membuat rencana perjalanan saya ke Ora Beach menjadi berantakkan, ujung-ujungnya reservasi yang telah saya lakukan saya minta untuk dibatalkan dan uang DP yang telah saya bayarkan saya minta untuk dikembalikan, setelah drama hampir 3 minggu akhirnya DP itu dikembalikan juga oleh pihak Ora Beach Resort, tentunya dengan sedikit ancaman, agak sebal juga dengan kualitas pelayanannya, mengingat persyaratan mereka yang mewajibkan calon tamu untuk membayar DP dalam durasi 3 hari kerja atau reservasi akan dibatalkan, ternyata tidak seimbang ketika calon tamu tersebut ingin membatalkan sebelum jatuh tempo.

Ora Beach boleh saja saya batalkan, tapi perjalanan ke Ambon tetap saya lakukan, tidak lama memang tapi lumayanlah hari-hari itu saya dan suami menyelesaikan memutari kota Ambon setelah trip sebelumnya ke Ambon sekitar 4 tahun lalu masih ada kampung-kampung yang belum dilewati karena faktor jalanan yang rusak parah.  




Hari-hari singkat di Ambon itu alam berbaik hati menganugerahi curah sinar matahari yang luar biasa dan langit yang biru tanpa gumpalan awal sedikitpun, mobil sewaan beserta supirnya kami arahkan untuk menuju Negeri Morella yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Pantai-pantai disana memang nyaris tidak terkenal namanya, jauhlah dengan pantai Ora atau pantai Natsepa yang seakan-akan mendominasi pariwisata Maluku. 

Berkali-kali supir yang mobil sewaan saya membunyikan klakson karena banyak anak-anak sekolah yang berhamburan di jalan yang tidak lebar itu, sesekali pula anak-anak itu berteriak-teriak 'mister...mister!' karena mereka melihat suami saya dari balik kaca jendela. 
Beberapa nelayan terlihat sedang membersihkan perahu mereka, dan ibu-ibu yang mengangkat jemuran atau duduk-duduk di lantai depan rumah mereka, aktifitas sederhana yang mungkin dirindukan para pekerja kantoran di kota metropolis.





Negeri Morella punya pesona, selain pantai yang nyaris tidak terekspos, kampung ini pun memiliki tradisi budaya yang sangat menarik, yaitu atraksi pukul sapu lidi dan tradisi Malam Langansa

Dari nama nya sudah dapat dibayangkan atraksi pukul sapu lidi itu seperti apa, disebut juga dengan Pukul Manyapu, ritual ini menampilkan 2 peserta yang saling memukul lawannya dengan sapu lidi  sehingga badan mereka penuh luka bekas sabetan, konon mereka kuat menahan rasa sakit bukan karena mistis atau apalah namanya, tapi karena rasa semangat akan tradisi ini membuat mereka kuat. Luka sabetan itu selanjutnya akan diobati secara tradisional yaitu dengan getah pohon jarak. 

Sedangkan tradisi Malam Langasa dilakukan dalam rangka menyambut malam Lailatur Qadar di bulan Ramadan. Langasa yang berarti makanan dan buah-buahan yang disajikan di atas wadah, yang kemudian dibawa oleh para perempuan lokal ke mesjid, serah-serahan ini setelah didoakan lalu diberikan kepada anak-anak yatim piatu. 






Demikianlah Artikel Pesona Negeri Morella di Maluku

Sekianlah artikel Pesona Negeri Morella di Maluku kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pesona Negeri Morella di Maluku dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2015/12/pesona-negeri-morella-di-maluku.html

0 Response to "Pesona Negeri Morella di Maluku "

Post a Comment