Trips - Tricks ke Thailand

Trips - Tricks ke Thailand - Hallo sahabat Blog Travel Dunia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Trips - Tricks ke Thailand, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bangkok, Artikel thailand, Artikel travel info, Artikel Travel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Trips - Tricks ke Thailand
link : Trips - Tricks ke Thailand

Baca juga


Trips - Tricks ke Thailand

Sebelum menjejakan kaki ke Thailand, sebaiknya anda membaca dan mengetahui dahulu beberapa tips / tricks / do's / don'ts ? Mengapa ? Karena ibarat bertamu ke rumah tetangga, kita harus bisa berlaku sopan santun untuk menghargai sang tuan rumah bukan ? Jangan sampai seperti negara tertentu yang menjadi terkenal karena reputasi buruk turis-turisnya yang tidak tahu kesopanan dan manner. 

Selain itu juga ini bermaksud  agar liburan anda disana semakin berkesan dan menyenangkan serta tidak menjadi pengalaman buruk. 

CULTURE / KEBUDAYAAN 
  • Salam Thailand disebut sebagai "wai" (Thai: ไหว้, diucapkan "wai") terdiri dari membungkuk sedikit, dengan telapak tangan saling mangatupkan kedua telapak tangan di depan dada dan kepala sedikit membungkuk. Wai juga umum sebagai cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih atau minta maaf. 

  • Sambil melakukan"wai" , biasanya sambil berkata Sawasdee (สวัสดี, RTGS: Sawatdi, diucapkan [sàwàtdi ː]) sebagai ucapan selamat , atau terima kasih, atau atau perpisahan. 
      • Sebagai salah bentuk penghormatan seluruh rakyat Thailand, biasanya pada sore hari sekitar pukul 6, lagu Kebangsaan Thailand akan dikumandangkan di ruang publik, dan seluruh warga harus berdiri dan akan menghentikan akitivitas mereka sesaat. Turis juga wajib mengikuti ritual ini. 
      • Untuk alasan kesopanan, bagi pria dapat mengakhiri setiap kalimat dengan krap , dan untuk wanita ka , contoh : terima kasih = khop khun ka / khop khun krap.
      • Begitu juga halnya di dalam gedung bioskop, sebelum film dimulai maka akan diperdengarkan lagu Kebangsaan Thailand dan seluruh penonton WAJIB BERDIRI untuk menghormatinya 
      • Jangan pernah menghina , bergosip hal negatif atau melecehkan anggota kerajaan Thailand, anda bisa masuk penjara karena itu ! 
      • Di Thailand, setiap hari memiliki warna tersendiri. Hari Senin adalah kuning. Sang Raja Bhumibol terlahir pada hari Senin, oleh karena itu jangan heran jika pada hari itu, banyak orang akan memakai baju berwarna kuning, sebagai bentuk kecintaan mereka ! Sayang sekali Raja Bhumibol meninggal dunia Oktober 2016 kemarin, sehingga untuk masa berkabung ini sekarang rata-rata rakyat disana mengenakan baju berwarna gelap.
      • Betul, bahwa masyarakat disana tidak banyak yang bisa berbahasa Inggris, atau membaca huruf latin, tetapi jangan mengeneralisasikan begitu, karena umumnya kaum muda / yang terpelajar setingkat mahasiswa biasanya dapat berbahasa Inggris. Tentu saja jika anda menanyakan arah jalan pada pekerja level tukang sapu, misalnya, dia pasti tidak dapat menjelaskannya kepada anda. Seperti jika ada bule menanyakan hal yang sama pada tukang bakso di sini, bukan ? 
        https://iansobservations.files.wordpress.com/2012/04/funny-thai-signs-28-300x225.jpg
      • Tetapi jangan takut, karena tukang makanan pejual pinggir jalan pun akan mengerti jika anda bertanya "how much ?". Tapi mungkin dia akan menjawab dengan bahasa lokalnya yang anda tidak mengerti , coba saja balas dengan berbahasa ala tarzan , tunjukan jari anda , 20 ? 30 baht ? Atau jurus pamungkas, keluarkan kalkulator ! 
      • Kathoey adalah istilah di Thailand untuk menggambarkan seorang pria yang menjalani transformasi jender dari pria ke wanita. Boleh dikatakan 100% dari kathoey ini adalah gay (homoseksual) yang merasa dirinya wanita yang terperangkap dalam tubuh pria .Kathoey juga dapat disebut sebagai ladyboy istilah bahasa Inggris yang ‘diciptakan’ oleh orang-orang Thailand. Sebagai salah satu negara dengan jumlah transgender terbanyak di dunia, masyarakat Thailand dapat menerima kehadiran kathoey di lingkungan mereka, itu sebabnya anda akan melihat para waria dimana-mana, bahkan ada yang menjadi resepsionis hotel, bahkan menjadi juara Thai Boxing ! 
      • Kalo mau ke tempat religi seperti Grand Palace, jangan memakai baju yang terbuka dimana kaki, lutut, pundak, harus tertutup. Dan jika tetap mau memakai celana pendek / sendal bawa sarung dan kaos kaki dahulu. 
      • Di pintu depan ada tempat peminjaman sarung, tetapi seringkali mengantri yang akan membuat waktu anda habis ( peminjaman gratis, harap bawa  paspor) 
      • Begitu juga dengan kaum Muslim ,  Thailand itu salah satu destinasi favorit turis dunia, jadi banyak pula turis-turis dari Timur Tengah yang datang ke sana, jadi jangan terlalu "parno" akan terlihat aneh disana jika memakai kerudung.
      Baca tentang Wisata Ramah Muslim Thailand di sini
      • Jangan buang sampah sembarangan ! Walau jarang terlihat banyak tempat sampah di mana-mana, tetapi Thai people tidak akan membuang sampah di jalan. Jadi ikuti kebiasan baik ini.
      • Harap mengantri jika akan naik BTS,MRT, masuk toilet, dan membayar di kasir, dll
      • Colokan listrik disana sama dengan di Indonesia, 2 lubang saja 
      • Jam di Thailand, sama dengan WIB 
      • Jangan takut untuk solo backpacking ! Orang Indonesia sih pasti disangka warga local , karena persamaan tipe wajah, jadi mudah untuk berbaur. Dan pasti anda akan disapa dengan bahasa Thai ! 

      UANG
      • Sebaiknya, tukarkan dahulu uang Baht di money changer Indonesia. Biasanya anda akan diberi uang kelipatan 1000b. Sesampainya di Thailand, tidak usah pusing, belanjakan saja dahulu di 7/11 terdekat.
      • Uang kembali ke Indonesia, habiskan dulu pecahan / uang receh, karena money changer Indonesia biasanya hanya mau menerima kelipatan 1000 baht saja
      • Perhatikan bahwa uang koin disana terbagi dalam : satang, dimana 1 baht adalah 100 satang, dengan pecahan 1, 5,10,25 dan 50 satang. Serta koin 1 baht, 2 baht, 5 baht, dan 10 baht 
      • Jangan menukar rupiah di money changer sembarangan di Thailand ! Kursnya rendah, dan jarang ada money changer / bank yang mau menerimanya !
      • Jika sudah kepepet kehabisan uang dan ingin mengambil uang , cari ATM berlogo VISA, tetapi akan di charge 150b sekali tarik . 
      • Kalau punya ATM dari CIMB Niaga bisa tarik uang di ATM CIMB Thai tanpa kena biaya sama sekali. 
      • Oleh karena itu , bawa cadangan US$ /Sing$. 
      • Bawa uang 2000 / 5000 baru . Lumayan untuk memberi tip, bisa menyenengkan orang karena 0 nya banyak, padahal nilainya sih sedikit…hihihi …:D 
      Info lain tentang menukar uang cek link ini 



      TRANSPORTASI BIS

      • Jika anda akan naik bus, tunggu di halte bus, dan lihat dahulu apakah di halte bus itu ada nomor bus yang ingin anda tuju atau tidak ? 
      • Jika anda melihat bus datang, beri tanda dengan tangan agar bus berhenti 
      • Untuk amannya, konfirmasi kepada supir tujuan anda, agar anda tidak salah naik bus. 
      • Pada saat bayar pada kondektur, kembali beritahu tujuan anda, dan jika anda belum tahu berhenti dimana di tujuan tersebut beri "tanda" bahwa anda adalah turis dan bukan warga lokal, contohnya "stop at Wat Po, please", nanti dia akan memberi tahu jika tujuan anda sudah dekat
      • Jika anda akan turun dari bus, anda bisa memencet bel yang ada di dekat pintu keluar. 
                                               Info lain tentang naik BTS / MRT disini 
      SCAM / TIPUAN 
      Thailand itu Negara yang sangat aman untuk turis, tetapi bagaimanapun juga, selalu ada orang yang berniat jahat . Contoh2 Scam / tipuan dan tips untuk menghindarinya : 




      • Berhati-hatilah dengan tawaran dari supir -tuk tuk, yang sering menawarkan tempat belanja 'rahasia' atau 'khusus' dengan harga murah. Atau memberi harga yang sangat murah, sekitar 50-10B untuk ke tempat tujuan anda. Anda akan dibawa ke toko toko perhiasan, toko cendera mata ,dll. 
      • Biasanya di tempat tujuan wisata terkenal seperti di luar Grand Palace, diberitahu bahwa tempat tersebut sedang ditutup untuk upacara doa . Itu Bohong !
      • masih di sekitar Grand Palace, ada tempat dimana banyak burung dan ada seorang wanita yang sedang menaburkan makanan pada burung-burung tersebut. Kemudian dia akan menyodorkan setengah kantong makanan burung ke tangan anda . dan memberi isyarat agar anda memberi makan burung-burung tersebut. Pada akhirnya anda akan dipaksa untuk membayar untuk 1 kantong makanan burung tersebut !

      • Hati-hati jika membuang puntung rokok sembarangan, nanti anda bisa didatangi petugas polisi palsu yang meminta anda untuk membayar denda 
      • Jika melakukan perjalanan lama dan jauh memakai bus, jangan simpan barang berharga di carrier / ransel yang disimpan di bagian bawah bus / bagasi tanpa di gembok, karena terkadang suka ada pencurian barang-barang anda dengan cara membongkar tas anda. 
      Untuk tipuan lainnya bisa lihat di sini dan site ini


      Demikianlah Artikel Trips - Tricks ke Thailand

      Sekianlah artikel Trips - Tricks ke Thailand kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

      Anda sekarang membaca artikel Trips - Tricks ke Thailand dengan alamat link http://syedhisham92.blogspot.com/2012/05/trips-tricks-ke-thailand.html

      0 Response to "Trips - Tricks ke Thailand"

      Post a Comment